Beranda » Air Demin (air murni) dan penerapannya

Air Demin (air murni) dan penerapannya

air-demin

Air Demineral

Pengertian Air Demin

Air demin  adalah air yang tidak memiliki kandungan mineral di dalamnya. Dimana mineral-mineral yang terkandung dalam air tersebut sudah melalui proses pemurnian, sehingga air bebas dari kontaminan berbahaya dan aman diminum. Air ini juga populer disebut sebagai air murni atau air kosong.

Orang zaman dulu biasa mengonsumsi air demineral dengan meminum air embun pagi. Air demineral lebih utama dikonsumsi terlebih saat sedang sakit dengan tujuan dapat memperoleh manfaat penyembuhan darinya. Namun, benarkah air murni atau air kosong memiliki manfaat penyembuhan? Kira-kira apa saja kegunaan dari air murni ini?

Kegunaan dari Air Demin

Sebelumnya perlu diketahui, air secara alami mempunyai kandungan mineral tinggi. Seperti kandungan magnesium, kalsium, dan mineral yang lain termasuk mineral berbahaya. Dimana kebanyakan mineral dalam air berisiko bahaya bagi kesehatan manusia dan juga hewan. Padahal kandungan mineral tersebut cukup mudah ditemukan dalam air tanah, air tawar, atau air asin sekalipun.

Adapun guna menghindari risiko penyakit akibat mengonsumsi mineral berbahaya, kini telah dikenal proses demineralizer untuk memurnikan air. Air hasil demineralizer tidak hanya aman dikonsumsi manusia, tetapi juga bisa diaplikasikan pada bidang industri. Kegunaan air demineral lebih jelasnya diberikan sebagai berikut:

  • Air Minum yang Aman Di konsumsi

Tubuh manusia membutuhkan mineral organik. Kandungan mineral tersebut dapat diperoleh dari sumber makanan sayuran dan buah-buahan. Oleh karena mineral dapat diperoleh dari makanan, maka Mineral dalam air masih dapat di kesampingkan. Bahkan beberapa penderita gagal ginjal di anjurkan untuk meminum air yang sedikit atau bahkan tidak mengandung mineral agar Ginjal dapat bekerja lebih ringan atau yang biasa disebut air demineral

Air bebas kandungan mineral atau minim kandungan mineral digadang-gadang jauh lebih bermanfaat dan sehat bagi tubuh. Hal ini mengingat kebutuhan manusia yang utama yaitu untuk mengonsumsi air minum jernih, bersih, murni, dan terbebas dari berbagai macam polutan. Baik polutan dari bahan organik, kimia, atau logam berat. Air yang dikonsumsi juga harus bebas dari kandungan kuman, bakteri, dan virus. Dimana air minum berkualitas tersebut tidak selalu harus berasal dari air pegunungan tetapi dapat pula dihasilkan dari sistem pemurnian menggunakan teknologi canggih terkini. Kegunaan inilah yang kemudian diyakini demineral water bermanfaat bagi kesehatan dan penyembuhan.

 

  • Bahan Utilitas Industri

Dalam skala industri air memiliki peranan penting, yakni sebagai bahan utilitas. Air dibutuhkan mulai dari air proses, air pendingin, air sanitasi, dan air boiler. Air sebagai umpan boiler pada umumnya diambil dari air sumur, air sungai, air hujan, atau air laut yang sudah melalui pemrosesan lebih lanjut.

Untuk kebutuhan industri, adanya kontaminan atau pencemar dalam air memang menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Dimana keberadaaan kontaminan bisa menimbulkan masalah serius. Mulai dari korosi, kerak, hingga carry over. Oleh karena itu, air yang akan digunakan wajib merupakan air yang sesuai spesifikasi alias sudah melalui proses pemurnian. Minimal bebas dari kandungan Mg (magnesium) dan Ca (kalsium).

 

Macam-Macam Cara Untuk Menghasilkan Air Demin

Sekilas sudah disebut di atas,  Air demin  didapat dari proses pemurnian. Proses pemurnian itu sendiri cukup bervariasi  seperti destilasi, reverse osmosis, deionisasi, dan proses setara lainya. Berikut penjelasannya:

  • Air demin dengan mengunakan Destilasi

Destilasi adalah proses pemurnian yang didasarkan pada perbedaan titik didih atau kemampuan suatu zat untuk menguap. Zat cair akan dipanaskan sampai titik didihnya. Adapun uap yang dihasilkan kemudian akan dialirkan ke dalam kondensor atau pendingin untuk dikumpulkan. Sehingga didapat hasil pengembunan zat cair murni tanpa bahan pengotor yang berupa air demin / air demineral

  • Air Demin melalui proses Reverse Osmosis

Reverse Osmosis adalah proses pemurnian atau penyaringan air melalui membran RO. Membran yang digunakan tersebut memiliki karakteristik pori-pori ukuran sangat kecil sekitar 0,0001 mirkon. Karena itulah membran mampu menyaring zat pencemar, zat berbahaya, dan termasuk mikroorganisme yang terlarut dalam zat cair.

  • Air Demineral melalui proses Deionisasi

Deionisasi merupakan proses pengolahan air dengan pertukaran ion melalui media ion exchange resin. Metode ini dapat menghasilkan air dengan tingkat kemurnian tinggi. Dimana kandungan zat ionik dan anionik hampir tidak bisa dideteksi lantaran jumlahnya dibuat mendekati nol. Selebihnya deionisasi sering disebut pula sebagai determinasi.

air-demin-ion-exchange-resin

Resin Kation untuk proses air demineral

 

Kelebihan dan Kekurangan  Air Demin

Air Murni atau demineral water sekarang ini menjadi salah satu jenis air yang direkomendasikan. Hal ini jelas bukan tanpa alasan. Ada beberapa kelebihan demineral water yang perlu diketahui. Diantaranya yaitu

  • Bebas dari kandungan mineral berbahaya, sehingga aman dikonsumsi. Terlebih bila mengingat risiko mineral dalam air bila menumpuk dalam tubuh dapat memicu kerusakan organ dalam.
  • Air demineral Sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit tertentu yang harus membatasi asupan mineral.
  • Air Demineral tidak memiliki kandungan magnesium dan kalsium, sehingga dapat digunakan sebagai umpan ke boiler tanpa perlu khawatir risiko ketel uap berkarat atau korosi.
  • Proses pemurnian pada air demineral yang relatif lebih mudah, dalam hal ini ada banyak cara yang bisa dilakukan.
  • Proses pemurnian menggunakan alat yang mana dalam proses instalasinya tidak membutuhkan terlalu banyak ruang, terutama bila memilih demin system yang menggunakan ion exchange untuk menghasilkan air demineral.

 

Kekurangan

  • Air demin tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita kekurangan mineral karena dimungkinkan dapat memicu kekurangan mineral pada tubuh lebih parah.
  • Proses pemurnian membutuhkan biaya relatif lebih besar dan perawatan yang cukup rutin serta membutuhkan sumber daya manusia yang cukup cakap dan handal dalam perawatan mesin tersebut.

 

Aplikasi Air Demineral Dalam Industri

Dalam industri misalnya industri petro kimia, aplikasi air demineral atau air tanpa kandungan mineral menjadi kebutuhan pokok. Air Demineral diperlukan sebagai umpan ke boiler atau ketel uap seperlu menghasilkan steam guna menggerakkan pompa turbin. Sehingga bisa dikatakan air bebas mineral mempunyai peran dan fungsi vital. Dimana steam diperoleh dari proses perubahan fase air menjadi uap air.

Seperti yang disebut sebelumnya, air dari alam bebas kaya kandungan mineral. Kadar tinggi magnesium dan kalsium dalam air berpengaruh pada nilai kesadahan air yang memicu kerak pada boiler. Alhasil efisien energi akan menurun. Karenanya air termasuk salah satu senyawa bersifat korosif, terutama pada unsur logam jenis tertentu. Hal ini karena mineral-mineral dalam air yang digunakan sebagai umpan boiler dianggap sebagai racun yang mesti dibuang. Dalam kondisi inilah pengaplikasian air demineral dibutuhkan.

Air Demin (air murni) dan penerapannya | Tanindo Anugerah Nusantara

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.