Beranda » Boiler water treatment

Boiler water treatment

Boiler water treatment

Source: http://www.primebuyersreport.org

Boiler Water Treatment

Di negara-negara musim dingin, sejumlah industri, mulai dari perhotelan, laundry, rumah sakit, restoran, hingga industri besar lainnya memerlukan energi panas dalam jumlah besar untuk menalankan usahanya.

Sebagai contoh, di musim dingin, pengusaha hotel harus memastikan bahwa kamar hotelnya cukup hangat. Untuk menyediakan panas dalam kapasitas besar dengan biaya yang minimal, hotel dapat menggunakan boiler atau alat pemanas khusus yang dapat menghasilkan panas dalam skala besar.

Boiler merupakan alat industri yang digunakan untuk mendidihkan zat cair (air) dan mengubahnya menjadi uap. Uap yang dihasilkan tersebut bukan sekadar hawa panas seperti yang dihasilkan ceret ketika mendidihkan air panas, melainkan tenaga panas yang bertemperatur dan bertekanan tinggi.

Selain dimanfaatkan untuk pemanas ruangan, boiler juga digunakan pada unit pembangkit tenaga listrik,sebagai penggerak generator, hingga keperluan industri lainnya, seperti:

  • Industri cuci pakaian atau laundry

Uap panas memiliki kemampuan yang efektif untuk menghilangkan noda pada pakaian. Dari segi pembiayaannya pun, jika dibandingkan dengan menggunakan energi panas yang dihasilkan oleh listrik, penggunaan boiler jauh lebih hemat.

 

  • Industri makanan

Restoran atau pabrik pembuatan makanan beku, banyak memanfaatkan uap yang dihasilkan boiler untuk memasak makanannya. Seperti misalnya, ketika mengukus kentang dalam jumlah banyak, tentunya akan lebih efektif menggunakan tenaga uap yang besar.

 

  • Industri pembuatan batu bata.

Pabrik batu bata juga bisa menggunakan uap panas dalam skala besar untuk proses produksinya. Adapun caranya adalah dengan mencampurkan bahan-bahan dasar seperti pasir, air, dan kapur, kemudian dimasukkan ke dalam wadah dengan tekanan tinggi, ditutup sehingga kedap udara, dan diberi tekanan dari uap panas dengan temperature  tertentu, hingga menjadi padat.

Penggunaan boiler, tentunya memerlukan pemeliharaan khusus, salah satunya adalah dengan cara pemurnian air yang dipanaskan dalam boiler. Perlakuan khusus untuk air yang dimasukkan ke dalam boiler disebut water treatment. air yang dimasukan kedalam mesin boiler memiliki spesifikasi tertentu untuk menghindari terjadinya pengerakan pada mesin boiler. apabila mesin boiler menggunakan air yang sesuai, maka selain memperpanjang usia dari boiler tersebut, penggunaan chemical dalam proses boiler pun dapat di efesiensikan.

mesin boiler water treatment

Sebelum dapat digunakan untuk diuapkan di dalam boiler, air harus menjalani beberapa proses pemurnian untuk mencegah penumpukan mineral, korosi, atautimbulnya buih yang dapat merusak boiler.

Berikut adalah beberapa proses yang dilalui dalam boiler water treatment—atau disebut pula proses pretreatment:

  • Proses penyaringan. Kotoran yang terdapat di dalam air disaring dengan menggunakan pasir dan filter karbon. Kotoran yang tidak tersaring dapat menumpuk pada boiler dan menyebabkan penguapan pada boiler tidak maksimal.

 

  • Proses softening atau pelunakan air dengan menggunakan water softener. Yang dimaksud melunakkan air adalah menurunkan tingkat sadah air. Air dengan tingkat kesadahan yang tinggi, jika dipanaskan akan menimbulkan kerak pada peralatan dan pipa boiler, sehingga dapat menimbulkan panas yang berlebih.

 

  • Proses penghilangan mineral. Menghilangkan mineral dari air dapat dilakukan dengan menggunakan proses osmosis terbalik. Alasan menghilangkan mineral ini sama dengan poin sebelumnya, yaitu untuk mencegah pemanasan mineral yang dapat menjadi kerak jika ikut dipanaskan dalam boiler.

 

  • Proses memurnikan air, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan kimia tertentu, agar air menjadi lebih murni dan memenuhi syarat untuk diuapkan menggunakan boiler.

 

  • Reverse osmosis atau proses osmosis terbalik, merupakan proses alami untuk menyaring molekul besar dan ion-ion dari larutan (air) dengan menggunakan membran semipermeable. Air yang dihasilkan dari proses ini adalah air bersih yang bebas dari logam berat, virus, bakteri, dan mikro organisme lainnya.

Bisa dikatakan bahwa penggunaan water treatment adalah salah satu proses pemeliharaan boiler agar dapat bekerja maksimal dengan jangka waktu lebih lama. Korosi yang diakibatkan oleh treatment yang kurang pas, dapat menyebabkan kerusakan pada komponen boiler yang pada akibatnya merusak mesin boiler.

Cara-cara mencegah korosi juga tergantung pada jenis korosi yang dialami oleh boiler. Korosi yang paling umum biasanya disebabkan gas terlarut, terutama gas oksigen dan karbondioksida, pH air rendah, dan mechanical stress.

Industri yang menggunakan boiler tidak perlu repot untuk memikirkan sistem water treatment diperlukan, karena banyak perusahaan yang menjual boiler, yang sekaligus menawarkan jasa pemurnian air. Pemeliharaan boiler pun menjadi lebih mudah, dan boiler lebih tahan lama digunakan.

Boiler water treatment | Tanindo Anugerah Nusantara

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.