Beranda » Bisnis Depot Air Minum Isi Ulang dan Langkah Memulainya

Bisnis Depot Air Minum Isi Ulang dan Langkah Memulainya

 

Salah satu permasalahan yang kerap dihadapi para warga ibukota atau kota-kota besar lainnya di seluruh Indonesia adalah polusi atau pencemaran lingkungan termasuk pencemaran air akibat banyaknya pabrik yang membuat beragam produk. Inilah sebabnya bagi mereka yang mengutamakan kesehatan pilihan air untuk konsumsi selayaknya dipilih dengan cermat. Salah satu yang saat ini mulai banyak diminati adalah air minum RO atau menggunakan membran RO yang lubang-lubang penyaringnya sangat kecil yaitu mencapai 0.0001 mikron sehingga mikro-organisme berbahaya, bahan mineral anorganik, atau unsur pencemar lainnya dapat tersaring sempurna. Alat berbasis teknologi canggih tersebut hanya menyisakan air murni yang sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

 

Peluang Bisnis Air Minum Isi Ulang dalam Kemasan

Merintis bisnis air minum isi ulang RO ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tengah mencari ide usaha berpeluang cerah. Apalagi bila domisili Anda berada di tengah kota dimana masyarakat membutuhkan air minum sehat untuk dikonsumsi. Inilah beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui bila ingin memulai bisnis ini.

 

Modal –  Untuk membeli paket depo air minum dengan alat filtrasi Reverse Osmosis (RO) ini paling sedikit Anda harus menyiapkan modal sebesar 22-25 juta untuk mesin dengan spesifikasi dan kapasitas yang sedang. Terdapat bermacam-macam jenis, antara lain isi ulang air mineral, isi ulang air RO, dan beberapa spesifikasi lainnya. Selain itu Anda tentu membutuhkan tempat untuk membuka depo, botol galon air, transportasi motor untuk menyediakan layanan pesan antar, serta menggaji pegawai sebagai petugas kurir.

Lokasi – Bisnis ini akan berkembang pesat bila dirintis pada lokasi yang tepat misalnya kompleks perumahan di kota-kota besar yang dimana depot air minum isi ulang murah masih terbatas. Atau minimal tempat yang digunakan haruslah cukup strategis. Selain lokasi yang harus diperhatikan, tentunya tampilan dari depot juga harus cukup menarik. Banyak bisnis depot air minum yang dibuat asal-asalan atau tanpa memperdulikan penampilan, kebersihan dan hal lainnya. Hal tersebut yang dapat menimbulkan kesan negatif dari pembeli.

 

(Artikel Menarik Lainnya: Air Reverse Osmosis dengan Air Minum Isi Ulang Dalam Kemasan Biasa)

 

Perijinan – Jangan melupakan legalitas bisnis Anda sehingga harus mencari informasi bagaimana cara memperoleh ijin dari dinas kesehatan. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah sertifikasi dari departemen kesehatan mengenai layak atau tidaknya air minum hasil penyaringan dari sistem kita. Sedapat mungkin mintalah garansi dari penjual mesin depot air untuk masalah kualitas air minum yang akan dihasilkan dari mesin tersebut. Untuk beberapa perusahaan yang profesional, mereka memberikan garansi uang kembali andaikata air yang dihasilkan tidak sesuai dengan standarisasi Permenkes 492 atau kurang baik.

Konsultasi – Anda bisa meminta saran kepada para pengusaha bisnis air minum isi ulang yang telah mempunyai pengalaman bertahun-tahun dalam menjalankan bisnis ini. Pelajari bagaimana strategi mereka dalam meningkatkan omset serta menurunkan biaya operasional dengan tetap menomor satukan kejujuran serta pelayanan yang baik kepada konsumen tentunya. Perusahaan kami memberikan konsultasi secara langsung kepada pelanggan mulai dari mulainya perencanaan persiapan mesin yang akan dibuat, sampai kepada tata ruang untuk depot air minum dan yang terpenting adalah memberikan konsultasi atau informasi mengenai beberapa teknik penjualan. Sehingga pelanggan dapat lebih tepat menjalankan usaha tersebut.

Sumber Mata Air – Point kelima ini adalah point yang cukup penting, mengingat bahwa salah satu komponen biaya yang akan muncul adalah dari sumber mata air. Biaya yang paling tinggi adalah apabila kita menggunakan sumber air yang berupa mata air pergunungan. Harga air pergunungan berkisar antara Rp 350.0000,00 – Rp 500.000,00 per 8000 liter. Setelah itu sumber mata air lain adalah menggunakan air PDAM, Yang dimana harga dari air tersebut adalah jauh lebih murah dibanding dengan air pergunungan. Dan yang paling murah adalah menggunakan air tanah. Tetapi dalam kaitannya dengan menggunakan air yang mana, tentunya kita harus memperhatikan juga kondisi air yang akan digunakan tersebut. Kami memberikan analisa gratis untuk sumber air yang akan digunakan oleh pelanggan untuk depot air yang akan buat.

 

Setelah memperoleh ide lokasi yang dirasa tepat untuk memulai usaha air isi ulang, cobalah mempelajari pangsa pasar Anda. Perhatikan apakah masyarakat sekitar terbiasa mengonsumsi air minum dalam kemasan atau lebih suka merebus air. Masyarakat perkotaan pada umumnya terbiasa untuk mengonsumsi air minum dalam kemasan sehari-hari. Bila memang demikian promosi yang akan Anda lakukan untuk memperkenalkan bisnis Anda pasti akan semakin mudah.

 

(Artikel Menarik Lainnya: Alasan Bisnis Depot Air Minum Isi Ulang dan RO Diminati Banyak Orang)

 

bisnis air isi ulang sederhana di jakarta

Dalam upaya promosi Anda bisa menjelaskan tentang keunggulan air minum RO serta proses pengolahannya dan bagaimana air tersebut bisa membantu mereka yang mengutamakan kesehatan dalam memilih produk yang dikonsumsi sehari-hari. Salah satu idenya adalah Anda bisa membuat brosur yang menjelaskan secara singkat tentang produk dagangan Anda serta membagi-bagikan pada masyarakat di sekitar lokasi.

Jangan lupa untuk memperhatikan kompetitor yang mungkin berada di sekitar Anda. Pelajari bagaimana mereka menjalankan bisnisnya, meliputi harga, kualitas air yang dijual, layanan, promosi, bonus bagi konsumen, dan bila memungkinkan omset yang mereka peroleh. Data yang lengkap akan membantu Anda menyusun strategi bisnis terbaik untuk mengembangkan usaha Anda.

Setelah berbagai langkah tersebut, cara untuk memulai bisnis ini adalah dengan mulai atau segera bergerak. Sebagus apa pun strategi rancangan Anda dalam berbisnis, hal itu tak akan membawa hasil apa-apa bila Anda tak segera memulai. Bila pada bulan-bulan pertama hasilnya belum terlalu menggembirakan.  Jangan putus asa dan lakukan evaluasi untuk mengetahui kelemahan Anda. Semoga sukses!

Bisnis Depot Air Minum Isi Ulang dan Langkah Memulainya | Tanindo Anugerah Nusantara

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan Hubungi Customer Service Kami Untuk Mendapatkan Informasi Lebih Lengkap Mengenai Jasa dan Produk Kami.