Beranda » Macam2 jenis Water Treatment 1

Macam2 jenis Water Treatment 1

Kondisi sumber air di era globalisasi ini semakin memprihatinkan, Kotor, bau, dan terkontaminasi oleh virus dan bakteri berbahaya lainnya. Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya tercemarnya sumber air, diantaranya pembuangan limbah yang tidak melalui tahap pengolahan terlebih dahulu.

 

Pada dasarnya teknologi sekarang sudah sangat maju dalam hal pengolahan air tersebut. Terdapat bermacam macam teknologi yang dapat digunakan untuk menghasilkan air yang kondisinya layak menjadi air bersih maupun air minum. Disini kita akan membahas secara singkat beberapa tipe dari water treatement yang dapat digunakan pada proses pengolahan air dari awal hingga tahap akhir.

 

Berikut beberapa jenis teknologi pada water treatment yang biasa digunakan untuk mengolah air kotor menjadi air bersih maupun air minum, Antara lain :

  1. Sand silica Filter

Filter ini merupakan filter yang berisi pasir-pasir halus dengan ukuran bermacam macam tipe, disesuaikan dengan objek kotoran yang akan disaring oleh filter ini. Ukuran yang paling umum digunakan pada filter sand silica ini adalah mesh 14-20. Filter ini digunakan untuk menyaring kotoran kotoran kasar hingga halus. Biasanya yang disaring itu adalah lumpur, pasir, daun, atau kotoran yang ukurannya cukup besar dan biasanya kasat mata.

 

  1. Carbon active Filter

Karbon aktif filter adalah filter yang terbuat dari arang, material utama arang dapat bermacam macam, tapi untuk karbon aktive yang umum adalah terbuat dari kayu, batok kelapa dan batubara. Masing masing material dasar tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Kami biasanya menggunakan bahan karbon aktive yang terbuat dari bahan batok kelapa.

Karbon aktif banyak digunakan untuk menyaring kotoran yang berupa bau, warna, logam berat, kaporit, amoniak yang kaitannya dengan bau didalam air.

 

  1. Manganese Filter

Filter yang ketiga ini adalah filter yang digunakan pada saat kita dihadapkan pada air yang memiliki masalah Minyak pada permukaan dan kuning pada airnya. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan air menjadi berwarna kuning, tapi kebanyakan masalah kuning muncul karena air tersebut mengandung kadar besi dengan kandungan tertentu. Kuning yang timbul karena mengandung kadar besi juga dapat dikategorikan menjadi 2 tipe. Yaitu warna kuning yang timbul setelah proses oksidasi atau warna kuning yang timbul dari sejak air itu keluar dari sumber air.

Biasanya yang paling banyak dialami orang adalah kuning yang muncul setelah air itu di endapkan atau teroksidasi. Jika saudara mengalami masalah seperti itu, maka penggunaan filter tipe inilah yang paling cocok.

 

  1. Water Softener

Water softener adalah sebuah water treatment yang banyak digunakan oleh pelaku industri sebagai salah satu standar dari penggunaan beberapa mesin Boiler, Chiller atau cooling tower. Water softener digunakan untuk menyaring kadar kapur dalam air, sehingga air yang masuk kedalam mesin Boiler, chiller maupun cooling tower tidak lagi mengandung kadar kapur. Filter ini terdiri dari media yang kita kenal dengan sebutan resin. Resin merupakan sebuah media filter yang berwarna kuning berukuran kecil. Terdapat bermacam jenis resin dengan kegunaannya masing masing, tetapi yang akan kita bahas sekarang adalah apa yang kita sebut dengan resin kation.

Resin kation adalah resin atau media yang digunakan untuk melakukan penukaran ion. Ion yang ditukar oleh resin kation adalah ion dalam air yang tipenya adalah kation atau Ion +. Resin bekerja sedemikian rupa sehingga kapur dalam air dapat dirubah menjadi bentuk kimia lainnya yang tidak berbahaya bagi mesin atau tidak berkerak.

 

Sekian penjelasan dari sebagian dari macam water treatment, dihalaman yang lain akan di jelaskan macam-macam water treatment lainnya.

Macam2 jenis Water Treatment 1 | Tanindo Anugerah Nusantara

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan Hubungi Customer Service Kami Untuk Mendapatkan Informasi Lebih Lengkap Mengenai Jasa dan Produk Kami.