Beranda » Macam2 jenis Water Treatment 2

Macam2 jenis Water Treatment 2

Melanjutkan pembahasan akan bermacam macam jenis water treatment yang ada. antara lain adalah :

 

5. Demineralization

Proses penyaringan air yang dilakukan dengan cara demineralisasi atau proses penghilangan mineral dalam air. Proses ini menggunakan beberapa cara, dan salah satu caranya adalah pertukaran ion yang dilakukan oleh resin kation dan resin anion dalam menangkap semua ion dalam air baik Ion kation maupun ion anion. Sistem pertukaran ion ini merupakan hal yang tidak mudah, karena dibutuhkan SDM ( Sumber daya manusia ) yang cukup handal dan teliti. Proses Demineralisasi, terutama yang murni menggunakan pertukaran ion atau disebut ion exchange mengharuskan kita untuk lebih sering melakukan proses regenerasi akan resin kation dan anion tersebut. Biasanya banyak sistem yang dibangun dengan Service hour  24 atau 48 jam service. Service hour biasa disebut atau dapat di artikan sebagai berapa lama kerja dari resin sampai resin tersebut harus di regenerasi kembali. Proses regenerasi pada resin anion dan kation tersebut memerlukan cairan asam kuat dan basa kuat untuk proses regenerasinya.

 

6. Reverse osmosis

Membrane semi permeable yang digunakan dengan proses osmosa terbalik untuk menghasilkan air yang mendekati murni dengan tingkat penyaringan dari 95-98%. Proses reverse osmosis memerlukan tekanan untuk menghasilkan hasil. Salah satu kelemahan dari sistem ini adalah kadar pembuangan air buangan yang cukup besar. Sehingga cukup merepotkan bagi sebagian pelaku industri yang kesulitan dalam mendapatkan air. Salah satu kelebihan dari membrane atau sistem penyaringan yang menggunakan reverse osmosis adalah air yang dihasilkan mutunya sangat baik hingga mendekati kadar air murni, tergantung kepada sumber air yang diolahnya.

 

7. Ultrafitrasi

Sebuah sistem penyaringan air yang memiliki pori pori 0.01 mikron. Fungsi dari membrane ultrafiltrasi adalah untuk menyaring kadar turbidity dalam air. Banyak digunakan pada proses pemurnian air mengantikan tipe konventional untuk mengolah air sungai yang kotor menjadi air bersih. terdapat beberapa jenis dari Ultrafiltrasi, yaitu 1 pore dan 7 pore. Dan sistem pemasangan ultrafiltrasi yang dapat dibuat dengan sistem Dead end maupun cross flow filtration.

 

8. Mikrofiltrasi

Mikrofiltasi banyak dikenal sebagai filter spoon atau sering disebut cartridge filter. Memiliki ukuran yang bermacam macam dari yang paling rapat hingga yang paling renggang pori porinya. Sering kita temui pada depot depot air isi ulang pada pinggir jalan. Filter yang berwarna putih yang digunakan untuk menyaring kotoran yang lebih halus dibandingkan dengan sistem penyaringan menggunakan sand silika filter. Filter mikro harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan tipe filtrasi yang lain. Harganya berkisar dari Rp 8000,- sampai dengan Rp 250.000,- perpcs.

 

9. Distilasi

Distilasi merupakan sebuah proses memurnikan air dengan memanaskan air hingga menjadi uap, uang air akan ditampung dan di kondensasikan kembali menjadi air murni. Sistem ini membutuhkan sumber daya energy yang cukup tinggi dan memerlukan biaya investasi yang tinggi dalam pembuatan sistem tersebut. Pada dasarnya sistem distilasi pernah kita semua lakukan prosesnya, yaitu pada saat kita memasak air, dimana uap air tersebut akan naik dan kembali menjadi air yang ditutup kuali ataupun di teko tempat kita memasak.

 

Sekian penjelasan dari kami, jika ada item diatas yang diminati oleh saudara, mohon jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Macam2 jenis Water Treatment 2 | Tanindo Anugerah Nusantara

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.