Beranda » Penjelasan Reverse osmosis 1

Penjelasan Reverse osmosis 1

reverse-osmosis

Perkenalan singkat sistem Reverse Osmosis

Sistem reverse osmosis adalah merupakan salah satu proses yang banyak digunakan untuk pemurnian air atau yang biasa disebut desalinasi (atau menghilangkan garam dari air laut). Selain dari hal itu, reverse osmosis dapat digunakan juga untuk daur ulang air, dari air kotor menjadi air bersih, pengolahan air limbah, pemurnian air untuk kebutuhan industri seperti Boiler, chiller, cooling water atau digunakan untuk bahan percampuran untuk produk kosmetik atau campuran makanan.

 

Permasalahan pada air ini telah menjadi ancaman secara global yang sangat mendesak. dimulai dengan kekeringan air, wabah penyakit yang menyebar lewat air, Banjir yang melanda dibeberapa daerah di Indonesia sampai pada kenaikan permukaan air laut yang memperparah dampak dari banjir yang ada. Terkait dengan masalah ini, pemerintah dan seluruh rakyat indonesia diharapkan memiliki kesadaran akan tanggung jawab mengenai air.

 

mesin ro reverse osmosis menjawab kebutuhan dari salah satu permasalahan yang ada pada air, yaitu pengolahan air menjadi air bersih sehingga kekurangan air bersih dapat diatasi. Aplikasi sistem reverse osmosis digunakan untuk mengatasi beberapa kekhawatiran ini. Di Perth, Australia ( terutama yang berada pada daerah yang kering gersang, yang dimana dikelilingi oleh laut ), Hampir 17 persen air minum didaerah tersebut merupakan air hasil olahan sistem desalinasi yang menggunakan sistem osmosa terbalik atau RO dalam prosesnya. Sumber ( The Economist)

 

Didunia, total dari sistem desalinasi yang menggunakan osmosa terbalik mencapai 13.000 unit menurut Asosiasi Desalinasi International. Itu merupakan sistem dengan kapasitas yang cukup besar. Belum lagi dengan kapasitas yang kecil dan menengah. Sampai saat ini sistem Osmosa terbalik menjadi dominasi sistem yang di minati oleh banyak pelaku usaha dibandingkan dengan sistem Distilasi.

 

Saat ini kita sudah mengetahui kegunaan dari sistem RO yaitu untuk mengubah air laut menjadi air minum. Itu adalah salah satu fungsi dari reverse osmosis. Terlepas dari fungsi fungsinya yang lain. Tapi apakah kita mengetahui cara kerja dari RO tersebut ? terlebih dahulu kita harus mengetahui cara kerja dari mesin RO sendiri, Dibuat dari bahan semipermeable menjadi membrane RO dengan pori pori 0.0001 mikron. Kemudian membrane ditekan dengan tekanan tinggi 70psi hingga 600psi tergantung pada sistem yang digunakan, untuk menghasilkan air yang mendekati murni. Untuk lebih lanjutnya, di lain waktu akan kami jelaskan secara lebih detail bagaimana membrane RO bekerja.

 

 

Sumber disadur dari : science.howstuffworks.com/

Penjelasan Reverse osmosis 1 | Tanindo Anugerah Nusantara

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan Hubungi Customer Service Kami Untuk Mendapatkan Informasi Lebih Lengkap Mengenai Jasa dan Produk Kami.