Beranda » Tahap awal usaha isi ulang air minum

Tahap awal usaha isi ulang air minum

 Jika kita memperhatikan unsur yang ada di dalam tubuh manusia, maka ditemui jika unsur terbesar atau terbanyak pada tubuh adalah air. Jika kekurangan air, kondisi tubuh tidak akan seimbang. Ini yang membuat air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ini pula yang membuat usaha isi ulang air minum tidak pernah sepi. Ada beberapa hal yang harus diketahui untuk mendapatkan penghasilan yang mengalir terus dan bisa mendapatkan untung besar.

usaha isi ulang air minum

 

 

Tahap Awal Usaha Air Minum Yang Harus Diketahui

Sebelum dibahas hal-hal apa saja yang harus diketahui saat memulai usaha isi ulang, Anda juga harus tahu bahwa bisnis air minum ini bisa dijadikan bisnis sampingan. Jadi, tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama Anda, bisnis ini akan terus mengalir. tetap ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam mengontrol bisnis depot air isi ulang ini. nanti akan kami jabarkan lebih banyak pada halaman yang berbeda.

 

Jika Anda memulai bisnis ini, Anda perlu tahu beberapa hal berikut ini;

Bahan Baku

Berbeda dengan bisnis lainnya, bisnis air minum ini dapat dikatakan salah satu bisnis yang bahan bakunya termasuk paling mudah didapatkan, yaitu “AIR”. Yang dimana air merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang dipakai sehari-hari dalam setiap aktifitas kita. Hampir tidak ada kendala apapun dalam penyediaan bahan baku ini. Asal Anda memiliki sumber air bersih, tidak bau dan tidak berwarna dan memenuhi persyaratan air yang layak, maka Anda sudah memiliki bahan bakunya. Air ini bisa berupa air dalam tanah, air sumur atau PDAM.

Namun, jika Anda ingin menjaga kualitas, tidak ada salahnya jika Anda bekerja sama dengan perusahaan yang menyediakan air bersih yang standar air minum, kemudian mereka pula yang mengirim bahan bakunya. Biasanya dengan truk tangki dimana air didapatkan dari sumber mata air seperti mata air pegunungan. tetapi dalam bekerja sama dengan cara membeli bahan baku dari truk air minum. adapula beberapa hal yang tetap harus diperhatikan supaya kita mendapatkan air baku yang paling maksimal.

 

Mesin Filter

Bisa dikatakan, hal yang perlu dilakukan pada tahap awal usaha air minum ini adalah mencari mesin isi ulang. Mesin ini sangat krusial karena inti dari usaha air minum, selain pada bahan baku, adalah mesinnya. Mesin memiliki beragam fungsi dari mulai mesin penyaringan air yang akan menyaring / memfilter air dari sumber dan mengisinya ke galon hingga mesin pembersih dan mesin pencuci galon.

Biasanya, semua mesin-mesin ini sudah include atau satu paket untuk paket air mineral. Jika Anda ingin menjual air minum isi ulang reverse osmosis (RO), maka dibutuhkan penyaring atau filter tersendiri karena filter air RO ini sangat lembut atau tipis sekali. Oleh sebab itu, kualitas air RO juga lebih baik daripada air mineral.

peluang usaha air minum isi ulang yang mengiurkan

 

 

Tes Kelayakan Air

Hal ini tidak boleh dilewatkan. Anda harus menguji air terlebih dahulu sebelum Anda menjualnya kepada konsumen. Tes kelayakan air ini harus dilakukan oleh dinas kesehatan setempat. Anda bisa memulai dengan membuat proposal pengajuan tes kepada dinas kesehatan. tetapi pada kenyataannya adalah banyak pihak depot yang melakukan test kelayakan dengan langsung membawa air yang akan ditest ke Laboraturium Departemen Kesehatan dan mendapatkan hasil uji lab dari Departemen Kesehatan yang menyatakan air tersebut layak atau tidak menjadi air minum. tetapi saran kami, coba untuk koordinasi lebih lanjut dengan dinas kesehatan setempat, karena regulasi yang mengatur depot air minum masih menjadi hal yang abu-abu.

Prosesnya tidak sulit dan cepat. Dinas kesehatan nantinya akan datang dan meninjau lokasi, alat air isi ulang termasuk bahan baku atau air yang nantinya akan dijual. Jika layak dan memenuhi standar, maka akan ada sertifikat yang diberikan kepada Anda. Sertifikat ini nantinya Anda pasang di tempat yang mudah terlihat konsumen.

 

Kendaraan Roda Tiga

Usaha air minum ini akan memberikan sedikit keuntungan jika Anda hanya diam menunggu pembeli. Anda harus memberikan layanan antar jemput. Anda bisa menggunakan sepeda motor roda dua tapi hal itu tidak akan berjalan efektif. Berbeda dengan sepeda motor roda tiga yang bisa mengangkut lebih banyak galon. Tetapi andaikata saudara mempunyai dana yang terbatas, dapat juga menggunakan kendaraan roda 2, tetapi dibuatkan sebuah pegangan untuk mengangkut galon di bengkel las terdekat, dengan dibuatkannya pegangan untuk galon. Maka sebuah roda 2 dapat mengangkat total 4-5 galon untuk sekali jalannya. Sehingga dapat lebih efisien dalam biaya pengantaran galonnya.

 

Jumlah karyawan pada usaha isi ulang air minum

Untuk kelancaran bisnis, dibutuhkan minimal 2 orang karyawan; 1 orang standby di tempat, 1 orang untuk layanan order delivery. Jika Anda hanya ingin dengan 1 karyawan, maka Anda yang akan standby di tempat. Dengan begitu isi ulang air minum akan terus berjalan dan semua konsumen akan tertangani dengan maksimal baik konsumen yang order delivery maupun yang datang sendiri ke tempat. Untuk beberapa depot isi ulang yang sudah cukup terkenal. layanan pengantaran tidak diberikan. Menurut kami, hal tersebut adalah satu satu kekurangan yang harus diperhatikan. Karena pada dasarnya, keinginan orang untuk membeli galon isi ulang adalah selain mendapatkan harga yang lebih murah, juga mendapatkan layanan pengantaran ketempat.

Tahap awal usaha isi ulang air minum | Tanindo Anugerah Nusantara

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan Hubungi Customer Service Kami Untuk Mendapatkan Informasi Lebih Lengkap Mengenai Jasa dan Produk Kami.