Beranda » Instalasi pengolahan air limbah IPAL

Instalasi pengolahan air limbah IPAL

instalasi pengolahan air limbah ipal

Air merupakan sumber daya alam yang tetap jumlahnya. Namun demikian, cadangan air bersih di bumi semakin lama semakin berkurang dan krisis air bersih pun terjadi di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Sekalipun kebutuhan air bersih semakin meningkat, cadangan air tanah justru semakin menipis. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menanggulangi permasalahan ini. Mulai dari cara-cara sederhana, hingga memanfaatkan berbagai teknologi canggih, seperti Instalasi Pengolahan Limbah IPAL. Tetapi ada beberapa hal yang menjadi permasalahan saat ini, dimana masih rendahnya kesadaran pelaku usaha maupun industri yang produknya menghasilkan limbah cair untuk mengolah limbah cair tersebut supaya hasil akhir dari limbah tersebut tidak mencemari lingkungan.

 

Pengolahan Air Limbah

Instalasi IPAL  adalah sebuah struktur yang dirancang untuk membuang dan memisahkan berbagai jenis limbah dari air—mulai dari limbah biologis hingga limbah kimiawi—sehingga memungkinkan untuk dimanfaatkan kembali untuk keperluan lainnya. Atau sekedar dibuang dialiran sungai maupun aliran pembuangan lainnya tanpa mencemari atau meracuni lingkungan.

Semua pasti tahu bahwa limbah dengan konsentrasi dan jumlah tertentu bisa berdampak negatif terhadap kesehatan lingkungan. Namun demikian teknologi IPAL bisa dimanfaatkan untuk membersihkan limbah atau air yang sudah tercemar. Berbagai cara atau teknologi yang telah berkembang, memungkinkan kita dapat mengolah limbah mulai dari limbah rumah tangga hingga limbah B3 perusahaan.

Sebagai contoh, air bekas mencuci yang sudah tercampur deterjen dan dan kotoran pakaian bisa dibersihkan dan dipisahkan polutannya menggunakan IPAL. Air tersebut nantinya bisa dimanfaatkan kembali untuk keperluan lain, apakah untuk menyiram tanaman atau mencuci kendaraan.

Manfaat lain dari sistem pengolahan limbah ini adalah untuk menjaga agar sungai-sungai yang menampung air limbah tidak semakin tercemar, sehingga ekosistem sungai bisa tetap seimbang.

 

Cara Sederhana Mengolah Air Limbah Rumah Tangga

Setiap rumah tangga, terlebih industri yang hendak membangun pabrik, atau tempat usaha,hendaknya memikirkan tentang air bekas pakai yang telah tercemar. Jangan sampai kita menyisakan limbah yang dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan sekitar.

Khusus untuk skala rumah tangga, ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengolah kembali air limbah agar bisa dimanfaatkan kembali untuk keperluan lain. Secara sederhana air limbah rumah tangga dapat diolah dengan cara sebagai berikut:

  1. Alirkan air limbah ke tempat penyaringan, yaitu ke sebuah wadah berisi air yang bercampur dengan pasir. Dalam hal ini, pasir berfungsi untuk mengikat partikel-partikel kotor yang ada pada air limbah.
  2. Air yang telah disaring melalui wadah penyaringan pasir kemudian diteruskan ke wadah berisi batu kerikil. Partikel-partikel kotor yang tidak berhasil diendapkan oleh pasir akan diproses oleh kerikil.
  3. Air limbah kemudian dialirkan ke wadah berisi tanaman enceng gondok, yang berfungsi untuk menyaring dan membersihkan kembali air yang sudah tersaring pasir dan kerikil. Tanaman enceng gondok memiliki zat kimia yang bersifat menyerap, seperti misalnya ammonia dan fosfat.
  4. Setelah melewati proses penyaringan, masukkan air ke dalam wadah penampung yang berisi ikan. Ikan dipakai sebagai indikator untuk mengetahui seberapa bersihnya air hasil penyaringan tadi. Setelah menunggu selama beberapa jam, jika ikan tetap hidup, maka air tersebut dianggap sudah lulus uji coba.

 

instalasi pengolahan air limbah ipal peternakan

 

Sistem Instalasi Pengolahan air limbah IPAL Lainnya

Di zaman yang serba mudah ini, beragam sistem pengolahan air ditawarkan oleh produsen yang kreatif dalam melakukan pengembangan teknologi. Setiap sistem pengolahan yang ditawarkan tentunya memiliki kelebihan masing-masing. Mengenai biayanya, tentu saja disesuaikan dengan kapasitas yang dibutuhkan dan kualitas air yang ingin dihasilkan.

Sistem pengolahan tinja, misalnya. Setiap bangunan pastinya memerlukan toilet, lengkap dengan septic tankdan sistem sanitasi untuk menyalurkan tinja dan air kotor. Septic tank  dengan sistem filter biologis memungkinkan setiap tinja yang masuk akan diurai oleh bakteri pengurai yang tinggal dan berkembang biak pada media filter, sehingga air yang keluar dari septic tank tersebut sudah ramah lingkungan.

Septic tank semacam ini tidak memerlukan perawatan yang sulit, namun perlu dijaga agar tidak ada benda-benda selain air dan tinja yang masuk ke dalamnya. Benda asing seperti tissue atau cairan kimia akan mematikan bakteri yang ada pada filter.

Selain melakukan Instalasi Pengolahan Limbah IPAL, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk dapat menjaga cadangan air bersih. Yaitu menghemat pemakaian air sehari-hari. Tidak mencemarkan sumber air bersih yang ada dengan membuang sampah sembarangan, serta menjaga kelestarian hutan sebagai penyimpan air tanah alami.

hal lain yang dapat dilakukan untuk menjaga ketersediaan air dalam bumi adalah sistem biopori, dimana sistem biopori adalah sebuah cara yang dilakukan untuk memastikan tanah dapat lebih maksimal dalam menyerap air, sehingga air yang terserap kedalam tanah akan menjadi sumber mata air yang terbarukan.

Membuat lubang biopori tidaklah sulit, karena kita hanya memerlukan alat bor tanah biopori yang dilakukan secara manual seperti membor tanah, biasanya ukuran diameter lubang yang dibuat adalah 8-10 inch dengan kedalaman 80-100cm. Lubang tersebut kemudiaan di masukan kompos yang berupa daun – daun kering dan kotoran organik lainnya kemudian ditambahkan cacing tanahuntuk proses pengemburan tanah. setelah itu lubang biopori ditutup dengan DOP PVC. untuk informasi lebih lanjut mengenai lubang biopori, saudara dapat mencari lebih lanjut di situs situs yang membahas biopori secara lebih mendalam.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai Instalasi IPAL. Semoga bermanfaat.

Instalasi pengolahan air limbah IPAL | Tanindo Anugerah Nusantara

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan Hubungi Customer Service Kami Untuk Mendapatkan Informasi Lebih Lengkap Mengenai Jasa dan Produk Kami.